PERBEDAAN TARIK DATA DAN SINKRON DAPODIK

 Assalamualaikum...


Salam sejahtera bagi kita semua...


Berawal dari masalah perbedaan antara Data di Lokal Dapodik dan Server, banyak kawan – kawan OPS bertanya “Kenapa data PTK saya kok beda di Dapodik belum Valid tapi di Server Sudah Valid, atau sebaliknya di Dapodik Sudah Valid tapi di Server Belum Valid” .

Sebelumnya harus kita tahu apa itu Tarik Data dan Singkron.

Mari kita bahas sejenak ... tapi sebelumnya silahkan kawan – kawan siapkan cemilan sebelum memahami tulisan saya ini, karena ini murni Opini saya dan juga merupakan cara saya bagaimana agar data antara di Lokal Dapodik dan server sama.

Apabila ada perbedaan pendapat mari kita bahas sama – sama tinggalkan di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini. Saya juga masih dalam tahap belajar dalam memahami apa itu Singkronisasi dan Tarik Data yang ada di Aplikasi Lokal Dapodik.

1.   1. Tarik Data ( Dalam Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik 2021)

Tarik data adalah proses pengiriman data satu arah dimana hanya akan menurunkan data yang mengalami perubahan yang terdapat di server saja. Proses ini tidak akan mengirimkan data yang mengalami perubahan di lokal (Aplikasi Dapodik) ke server. Data invalid yang terdapat di validasi lokal tidak akan berpengaruh terhadap proses Tarik data ini.

Menurut saya tarik data adalah merupakan Proses Penarikan atau Perubahan data yang di ambil dari Server dan akan tersimpan di Aplikasi Lokal Dapodik.

 2.  Singkron

Sinkronisasi adalah proses pengiriman data dua arah yang akan menurunkan data yang mengalami perubahan di server dan akan mengirimkan data yang mengalami perubahan di lokal ke server. Jika ada data yang invalid saat validasi lokal, proses sinkronisasi tidak dapat dilanjutkan.

 

Jadi apabila kawan – kawan mengalami kendala atau masalah kok di Dapodik Saya datanya belum valid tapi di Server sudah valild, maka yang harus kawan – kawan lakukan adalah menarik data yang ada di server agar data yang ada di Aplikasi Lokal Dapodik menjadi Valid atau sama dengan yang ada di server.

Sementara apabila data yang ada di server belum valid sementara data yang ada di Aplikasi Lokal Dapodik Valid maka kawan – kawan OPS perlu melakukan Singkron Aplikasi Lokal Dapodik, agar data yang ada di Aplikasi Lokal Dapodik terkirim ke server.

Demikian penejelasan saya mengenai Tarik Data dan Singkron.

Semoga bermanfaat, sekali lagi kalau ada yang berbeda pendapat silahkan masukannya di ketik di kolom komentar, biar saya ada masukan juga. Terima kasih.


Post a Comment

Previous Post Next Post